Jumat, 13 Januari 2017

Morning

Selamat pagi ceria...
Jam 10.07 pagi ini biasanya saya sedang berebut chanel TV dengan saudara saya, jam segini juga biasanya kecerian dan kebersamaan pagi tercipta apalagi hari libur seperti sekarang.
Soal berebut chanel TV, saya yang selalu memenangkannya. Semuanya pun ikut menonton acara yang saya putar, biasanya sih acara kartun seperti Doraemon, Shinchan, Detective Conan, atau pernah juga film robot.
Hah.. menyenangkan. Sebenarnya letak yang lebih menyenangkannya bukan dari acara TV nya tapi dari KEBERSAMAAN dengan keluarga. Bahkan sering sekali sepupu-sepupu saya yang masih bocah datang konvoi ke rumah buat nonton TV, sebenarnya bukan hanya sekedar itu, lebih ke membuat berantakan rumah.
"Ceu ceu.. ada buku bekas ga? Aku minta sih."
"Ceu ceu.. maen game yu. Game yang kemaren itu."
"Ceu ceu.. ini apa sih? ko gini amat?"
Dan banyak lagi celotehan-celotehan yang terlontar dari mulut bocah-bocah imut itu.

Waktu itu, Hape, laptop, komputer, internet, atau sejenisnya itu belum begitu akrab bahkan belum kenal dengan keluarga saya. Semuanya sederhana sekali.
Waktu luang lebih banyak dilewatkan bersama keluarga. Berbincang-bincang dengan keluarga, dengan tetangga, meskipun membicarakan hal yang sebenarnya kurang penting. Setelah berbincang, kita langsung makan bersama, masak bersama, dan hal-hal kecil lainnya. Waktu itu, tidak ada yang sibuk dengan dunianya sendiri, tidak ada yang sibuk fesbukan, twitteran, blogging, YM-an, SMS-an, teleponan, dan sejenisnya.
Tetapi, semuanya kumpul dan bersosialisasi.

Ah sayang, hari ini saya jarang sekali merasakan dan mengalami hal tersebut lagi bahkan tidak pernah. Semua sibuk dengan dunianya masing-masing. Bocah yang dulu suka merengek-rengek ke saya, nanya ini nanya itu, pengen ini pengen itu. Kini?? sibuk dengan hapenya. Woow..!!

Perlu anda tahu, cerita di atas terjadi di sebuah desa yang menurut saya belum begitu maju. Wong jalannya juga baru diaspal dua minggu yang lalu. Wong listrik juga baru masuk delapan tahun yang lalu. Apalagi kalau cerita di atas terjadi di kota-kota besar?? sepertinya lebih mengenaskan yah...

Ayolah.. walaupun teknologi informasi sudah melesat bak roket untuk ke bulan. Tapi kita hidup di dunia ini tidak sendiri, jangan terlalu sibuk lah dengan dunianya sendiri, tapi sibukkan dengan bersosialisasi dengan orang lain, jalin terus silaturahmi. Pasti hidup kita lebih menyenangkan. :)


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda ke blog Ana. Silahkan berikan komentar dan masukannya :)